Rabu, 26 Maret 2014

Chart

Cara Membuat Grafik Pada Microsoft Excel

Albarnation | Cara Membuat Grafik Pada Microsoft ExcelPostingan Ini berawal dari sebuah pertanyaan yang di ajukan oleh atasan saya. Yaitu bagaimana membuat grafik pada microsoft excel. Sekilas memang gampang, awal saya mencoba membuat grafik dengan mengklik tombol insert dan memilih gambar grafik yang di ingginkan. Pas saya klik yang timbul hanya latar berwarna putih tanpa gambar grafik sedikitpun. Sebuah pertanyaan timbul, kenama gambar grafiknya ?.

Nah, Awalnya saya pikir lumayan mudah, ternyata setelah saya otak atik saya mengambil kesimpulan memang mudah, hanya waktu itu saya belum bisa menjawab karena saya belum pernah mengunakan/ membuat grafik pada Excel biasanya pada microsoft word dan pada postingan ini saya mencoba menjawab sekalian share kepada sobat di dunia maya siapa tau mengalami hal yang serupa. 

Note : Klik Gambar Untuk Memperbesar

1. Silahkan Buka dulu Microsoft Office Excel ( disini saya mengunakan excel 2013, yang di bawah office 2013 bukan jadi masalah, sama saja cuman sedikit berbeda ) 

2. Setelah terbuka, silahkan sobat tes dulu dengan menekan tombol insert dan memilih menugrafik ( pilih yang mana saja ) sekilas sobat akan menemukan seperti gambar di bawah ini :
 

2. Nah Untuk Menampilkan Grafik yang di inginkan silahkan sobat buat seperti yang terlihat pada gambar :
 
Note : Perhatikan tulisan GRAFIK VISITOR BLOG dan di bawahnya.( Untuk Mecoba silahkan buat seperti pada gambar atau yang serupa )

3. Selanjutnya silahkan lihat lagi pada gambar :
 

Disini saya melakukan drag/ mendrag  jumlah visitor ( 100,000. 50,000 & 10,000)
setelah itu saya klik menu insert dan saya pilih grafik dengan nama 3-D Pie dan sekang berhasil dalam arti kata ada grafiknya ( tidak ngeblenk/ hanya berwarna putih )

4. Hasilnya kurang lebih seperti ini :
 

5. Nah sekarang tinggal mekaukan pengaturan atau modifikasi. silahkan lihat gambar :
 
Note : Klik gambar grafik dan silahkan klik icon kuas maka akan tampil seperti gambar di atas ( di samping grafik ) silahkan pilih yang sobat inginkan. saya memilih ( no 3 ). dan hasilnya nampak sepeti gambar di atas ( no 5 )

6. Pengaturan selanjutnya bagaimana menganti warna pada grafik. Lihat gambar di bawah :
 

Note : Silahkan Klik Icon warna ( 1 Warna Biru, 2 Warna Orange dan seterusnya,Lihat No 5 ) maka secara otomatis akan tampil pengaturan di sampingnya. Klik Solid Fill dan pilh warna yang menurut anda sesuai ( saya pilih warna merah )\

7. Selanjutnya, untuk menganti tulisan ( Angka 1, 2 dan 3, Lihat no 5 ) Silahkan doble klik pada angka tersebut dan Silahkan rubah dengan nama yang sesuai ( disini saya menganti dengan nama Albarnation ). Lihat Gambar :

 

8. Selanjutnya, secara otomatis akan tampil pengaturan di sampingnya. Lihat gambar :
 
Note : Klik Text Options Centang label yang saya lingkari * berwarna merah
maka akan tampil sepeti gambar di atas. Albarnation dengan pengunjung 100,000 ( wakakak ) Dll. Hal ini di perlukan untuk mempermudah dalam membaca grafik.

9. Yang terakhir. Jika setelah melakukan editing dan sobat merasa bahwa grafik tidak sesuai dengan deskripsi yang di perlukan sobat bisa menganti grafik tanpa harus kehilangan apa yang telah kita atur. Lihat gambar untuk merubahnya :
 
Oke. Cukup Sekian Semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar